logo dtm

Laboratorium Teknologi Mekanik

 

Kepala laboratorium : Ir.Alfian hamsi,MSc
Modul Pratikum : 1. Kerja bangku

  2. Mesin Las

  3. Mesin Sekrap/Frais

  4. Mesin Bubut

  5. Mesin gerinda

 

 PROFIL LABORATORIUM TEKNOLOGI MEKANIK

Laboratorium Teknologi Mekanik atau sering disebut dengan Laboratorium Proses Produksi adalah 1 dari 16 Laboratorium aktif yang ada di Departemen Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara.

Laboratorium Teknologi Mekanik/Proses Produksi mempunyai fungsi utama yaitu mendukung kegiatan akademik mahasiswa berupa praktikum dan penelitian. Mata kuliah penunjang yang berkaitan langsung dengan kegiatan praktikum di Laboratorium Teknologi Mekanik adalah mata kuliah proses produksi, dimana di dalamnya terdapat dasar-dasar proses produksi, mulai dari proses perencanaan, penggunaan alat permesinan dasar hingga finishing benda kerja dengan bantuan mesin-mesin produksi. Laboratorium ini dilengkapi dengan beberapa mesin bubut, mesin freis, mesin sekrap, mesin bor, mesin gerinda, las listrik, dan beberapa alat kerja bangku.

Laboratorium Teknologi Mekanik selain untuk mendukung kegiatan penelitian bagi dosen maupun mahasiswa, terutama proses pembuatan spesimen dengan menggunakan alat-alat yang terdapat di dalamnya. Selain itu, kegiatan laboratorium ini juga melatih kemampuan serta keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan mesin-mesin produksi secara langsung sebagai bekal keahlian bagi mahasiswa nantinya.

1.    VISI DAN MISI
A.    VISI
Menjadi program studi Teknik Mesin berdaya saing internasional yang memiliki keunggulan akademik berciri kekayaan lokal”.

B.     MISI
1.      Menciptakan iklim akademik yang kondusif dalam mencapai proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik mesin dengan kurikulum berbasis kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang unggul serta mampu menjawab

  

No.

Jenis Mesin

Jumlah

1

Mesin Sekrap

2

2

Mesin Bubut

12

3

Mesin Las

2

4

Mesin Bor

4

5

Mesin Gergaji

3

6

Mesin Las Titik (Seam Weld)

3

7

Mesin Freis

1

8

Mesin Gerinda Tangan

1

9

Mesin Gerinda Duduk

2

10

Meja Rata

1

11

Ragum

18

12

Pemotong Plat

1

13

Pembengkok Plat

2

14

Pelengkung Plat

2

 Standard Operational Procedures (S.O.P) Pedoman Pelaksanaan Praktikum.pdf

 

 

 

 

Pencarian

Berita Kampus

Peta USU

From Address:

ADMIN